Bolu Kemojo Mini

Advertisement

Bolu Kemojo Mini

Tuesday, September 10, 2019


BOLU KEMOJO MINI

PROPERTI dan  BISNIS.Siapa yang tidak mengenal bolu kembojo, salah satu makanan khas Riau yang acap kali dijadikan sebagai oleh-oleh bahkan cemilan disaat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Namun bolu kembojo yang satu ini sangat sayang sekali dilewati dan Anda cicipi.

MIMIE Bolu Kembojo Mini yang menjadi pusat oleh-oleh khas Pekanbaru – Riau, dan juga sebagai penyedia Kembojo Mini yang merupakan salah satu kue favorit yang di sukai oleh masyarakat lokal, wisatawan local bahkan wisatawan mancanegara.

Bolu Kembojo Mini yang merupakan kue andalan dan favorit di Bolu Kembojo MIMIE Mini, Ibu Nurlela Sari S. merupakan founder dari resep Kembojo Mini khas MIMIE yang sudah 10 tahun terjaga kualitasnya baik dari sisi bahan-bahan kue sampai ke proses produksi Bolu Kembojo Mini tersebut.

Awal pertama Ibu Nurlela Sari S. merintis produk Bolu Kembojo Mini nya ini hanya dengan bermodal tepung 2 kilogram dan peralatan serta bahan seadanya. "Waktu itu sekitar tahun 2008. Saya masih ingat, hanya buat 2 kilogram saja. Karena ukuran bolu kemojo yang kita buat ini bentuknya kecil, dapat sekitar 200 buah," ujar Ibu Nurlela Sari.S.

Anda mungkin pernah mendengar seorang almarhum Bob Sadino saat awal membangun bisnisnya, dengan mendatangi setiap pintu rumah dan menawarkan produknya kepada siapa saja yang keluar dari balik pintu itu. Ibu Nurlela Sari S tidak terinspirasi dari sang legendaris Bob Sadino. Tapi cara seperti itulah yang dia lakukan.

Selama satu tahun penuh, Ibu Nurlela Sari S. memboyong Bolu Kembojo Mini nya untuk dijajakan ke setiap rumah, kantor dan sekolah, hanya agar orang lain tahu dengan produknya, dan mendapat tambahan pelanggan.

Tatkala menyodorkan kue buatannya untuk dicicip pelanggan, dia selalu minta pendapat siapapun yang sudah mencoba Bolu Kembojo Mini itu. Masukan, ktitik dan saran sekecil apapun menjadi bahan koreksi baginya. Menurut cerita Ibu Nurlela Sari S., mengenalkan Bolu Kembojo Mini ke market penuh tantangan. Tentu saja sebelum dia melakoni usahanya itu, sudah banyak unit usaha lain yang juga menjual produk yang sama. Ketika itu kue Bolu Kembojo yang menjadi khas Riau masih dipacking seperti cake. Ibu Nurlela Sari S. punya inovasi lain dengan menjadikan sajian kue ini menjadi lebih praktis.

"Iya, saya keliling-keliling. Satu tahun lamanya cuma untuk cari respon pasar dan cari pelanggan. Saya minta pendapat mereka yang sudah cicip kue saya. Saya jadikan itu sebagai masukan, untuk dilakukan perbaikan. Semua yang saya lakukan hanya untuk pasar yang suka dengan produk saya".

Menurut cerita Ibu Nurlela Sari S., mengenalkan Bolu Kembojo Mini ke market penuh tantangan. Tentu saja sebelum dia melakoni usahanya itu, sudah banyak unit usaha lain yang juga menjual produk yang sama. Ketika itu kue Bolu Kembojo yang menjadi khas Riau masih dipacking seperti cake. Ibu Nurlela Sari S. punya inovasi lain dengan menjadikan sajian kue ini menjadi lebih praktis.

Tanpa merubah bentuk dan warna asli kue kembojo, dia membuat inovasi dengan bentuk yang lebih kecil dan praktis.

“Saya sadar, awalnya dulu ada banyak yang tidak bisa menerima dengan inovasi ini. Saya disebut telah merubah dan merusak bentuk asli makanan khas Riau ini. Tapi kepada mereka saya terus menjelaskan bahwa sebuah produk harus ada perubahan dan inovasi".

Bolu Kembojo Mini buatan Ibu Nurlela Sari S. terbukti ampuh menggaet pasar, di zaman yang serba cepat, kecenderungan pasar juga ingin instan. Hasil inovasi itu membuktikan bahwa produknya jauh lebih praktis dan mudah untuk dikonsumsi, tanpa merubah rasa aslinya.



"Niatnya menciptakan hal baru, dan memudahkan orang untuk mengkonsumsinya, dan kita hadir dengan inovasi rasa yang baru juga. orang taunya bolu kemojo itu padat, bantet, tapi sama kita diminikan. Kita buat dengan rasa yang lembut, diresep bisa kita atur, didalamnya bisa lembut tapi di luarnya krispi, dan tentu menggunakan bahan baku berkualitas".


MIMIE Bolu Kembojo Mini bukan hanya menjual Bolu Kembojo Mini, tetapi juga menjual aneka macam kue basah, snack box, snack dan cemilan khas Riau dan juga beberapa snack Import. Tanpa merubah bentuk dan warna asli kue kembojo, dia membuat inovasi dengan bentuk yang lebih kecil dan praktis. Bolu Kembojo Mini buatan Ibu Nurlela Sari S. terbukti ampuh menggaet pasar, di zaman yang serba cepat, kecenderungan pasar juga ingin instan. Hasil inovasi itu membuktikan bahwa produknya jauh lebih praktis dan mudah untuk dikonsumsi, tanpa merubah rasa aslinya



(( red RR ))

close